Ambon metro reportase, com- pejabat (Pj) Walikota Ambon Dominggus Nicodemus Kaya menghadiri kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pimpinan dan Wakil Pimpinan DPRD Kota Ambon periode 2024-2029, sekaligus menyampaikan beberapa pesan penting kepada Pimpinan dan Wakil Pimpinan DPRD Kota Ambon yang baru saja dilantik.

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Ambon, Jumat (18/10/2024) ini, turut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Ketua dan para Wakil Ketua DPRD Kota Ambon yang baru saja dilantik, anggota DPRD, Forkopimda, Sekretaris Kota Ambon, pejabat daerah, pimpinan OPD, camat, lurah, para ketua partai politik, serta perwakilan BUMD dan BUMN se-Kota Ambon.

Turut hadir juga mantan Ketua DPRD, Elly Toisuta, serta rohaniawan yang memimpin pengambilan sumpah jabatan.

Dalam sambutannya, Pj. Walikota Ambon mengutip sebuah kalimat dari penulis terkenal Amerika Serikat, John C. Maxwell, yang mengatakan, “Seorang pemimpin adalah orang yang mengetahui jalannya, mengikuti jalannya, dan menunjukkan jalannya.” Kaya menekankan pentingnya seorang pemimpin dalam menghadapi dan menyelesaikan tantangan serta memberikan solusi bagi tim dan masyarakat yang dipimpinnya.

DPRD Kota Ambon Resmi Miliki Pimpinan Baru Periode 2024-2029: Moritz Tamaela Ucapkan Terima Kasih Kepada Semua Pihak

Pelantikan hari ini mencatat sejarah bagi DPRD Kota Ambon, di mana saudara Moritz Tamaela, saudara Geral Mailoa, dan saudara Patrick Munandar mulai mengemban tugas sebagai pimpinan DPRD periode 2024-2029. Ini juga merupakan kali pertama Partai Nasdem dan Partai Perindo menduduki kursi pimpinan DPRD. Selain itu, komposisi anggota DPRD kali ini diwarnai oleh banyaknya generasi muda yang cerdas, energik, dan bersemangat kerja tinggi,” ujar Kaya.

Dalam pesannya, Kaya mengingatkan bahwa posisi pimpinan DPRD bukan sekadar jabatan, tetapi amanat yang harus diwujudkan untuk mewujudkan cita-cita bersama demi kemajuan dan kesejahteraan Kota Ambon. Ia berharap pimpinan DPRD yang baru dilantik dapat menjalankan tugas dengan semangat kebersamaan, komitmen yang kuat, serta sikap rela berkorban.

“Kerja sama dan kolaborasi antara legislatif dan eksekutif sangat penting dalam menghasilkan kebijakan yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat. DPRD merupakan simbol kebangsaan yang harus bekerja dalam semangat kemitraan dengan eksekutif, saling melengkapi dan mendukung,” tambahnya.

Kaya juga mengingatkan bahwa waktu untuk menyelesaikan sejumlah agenda strategis di tahun 2024 semakin singkat. Ia berharap pimpinan dan anggota DPRD dapat segera menyelesaikan proses pembekalan dan bimbingan teknis agar dapat melaksanakan tugas dengan maksimal, khususnya dalam bidang legislasi, pengawasan, dan anggaran.

“Saya yakin, di tangan saudara-saudara, DPRD Kota Ambon akan menjadi lembaga yang lebih baik, berkinerja tinggi, berwibawa, dan dicintai oleh masyarakat,” tutupnya.
Pelantikan ini diakhiri dengan ucapan selamat kepada pimpinan DPRD yang baru dilantik serta harapan agar mereka mampu membawa Kota Ambon ke arah yang lebih baik.

Ongenleano