Ambon,metro reportase, com-Penjabat Sekretaris Kota Ambon, Robby Sapulette, menekankan pentingnya pengelolaan perpustakaan sekolah sebagai salah satu indikator evaluasi kinerja kepala sekolah.

Hal tersebut disampaikannya usai acara pembinaan perpustakaan untuk jenjang pendidikan dasar di seluruh wilayah Kabupaten/Kota, yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Perpustakaan Kota Ambon.
Kegiatan ini berlangsung di Hotel Grand Avira, Kota Ambon, pada Rabu (09/10/2024) sekitar pukul 09.00 WIT.

Dalam keterangannya kepada awak media, Sapulette menyatakan bahwa bimbingan teknis yang dilakukan bertujuan agar kepala sekolah dapat mempersiapkan perpustakaannya untuk memenuhi standar akreditasi.

Pengelolaan perpustakaan ini adalah salah satu indikator dalam menilai kinerja kepala sekolah, jadi kita harus serius dalam mengelolanya,” tegasnya.

Lebih lanjut, Sapulette mengungkapkan bahwa minat baca di Indonesia masih relatif rendah dibandingkan negara-negara lain di Asia Tenggara.

“Kita sudah mendekati Thailand. Kalau tidak salah, Thailand memiliki angka 61, sementara kita berada di angka 60. Minat baca kita masih rendah. Oleh karena itu, diharapkan sekolah, kepala sekolah, dewan guru, dan orang tua dapat mendorong anak-anak untuk membudayakan kebiasaan membaca,” ujarnya.

Menurut Sapulette, upaya peningkatan minat baca ini dapat dilakukan tidak hanya di sekolah, tetapi juga di rumah. “Dengan membaca, kita bisa memperluas pengetahuan dan wawasan. Selain itu, media sosial dan perangkat teknologi seperti ponsel bisa dimanfaatkan untuk mengakses berita-berita terbaru dan referensi yang berguna, termasuk buku-buku perpustakaan,” tambahnya.

Ia juga menekankan bahwa perpustakaan sekolah harus menjadi tempat yang nyaman dan ramah bagi anak-anak. “Kepala perpustakaan diharapkan mampu menciptakan lingkungan yang mendukung sehingga anak-anak senantiasa ingin mengunjungi perpustakaan,” tuturnya.

Sapulette mengingatkan bahwa pengelolaan perpustakaan akan menjadi bagian penting dalam evaluasi kinerja kepala sekolah, sehingga diperlukan perhatian serius dalam aspek ini.
Dengan demikian, Pemerintah Kota Ambon melalui program pembinaan perpustakaan berharap dapat meningkatkan minat baca generasi muda serta memperbaiki kualitas pendidikan di wilayah tersebut.

Ongenleano