Tangerang Selatan,- metro reportase. com,- PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat (UIT JBB) memastikan pasokan listrik tetap andal jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-79.

General Manager PLN UIT JBB, Jarot Setyawan mengatakan pihaknya saat ini tengah melakukan pemeliharaan rutin pada kapasitor di Gardu Induk (GI) Lengkong.

“Pemeliharaan rutin pada kapasitor di GI Lengkong ini dilakukan PLN UIT JBB melalui Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Gandul,” ujar Jarot Setyawan melalui keterangan resminya.

Jarot juga menjelaskan pemeliharaan itu dilakukan untuk memastikan keandalan dan kestabilan pasokan listrik, terutama pada momen penting seperti HUT RI.

“Kapasitor merupakan komponen krusial dalam sistem kelistrikan yang berfungsi untuk menjaga kualitas daya dan stabilitas tegangan,” ujarnya.

Dijelaskan Jarot lebih jauh, pemeliharaan melibatkan tim pemeliharaan dari Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) Tangerang Selatan yang melakukan pemeriksaan dan perawatan menyeluruh terhadap instalasi kelistrikan.

Pekerjaan tersebut sambungnya, mencakup pengecekan kondisi fisik, pengukuran kapasitas, serta penggantian komponen yang diperlukan untuk memastikan performa peralatan optimal.

“Kami juga melakukan pemeliharaan rutin pada kapasitor di Gardu Induk Lengkong untuk memastikan seluruh sistem beroperasi dengan optimal agar pasokan listrik tetap stabil dan tidak ada gangguan selama perayaan HUT RI,” pungkasnya.

Manager UPT Gandul, Ardylla Rommyonegge menyebut dengan langkah proaktif ini, PLN menunjukkan komitmennya dalam mendukung kelancaran perayaan HUT RI serta memastikan bahwa masyarakat dapat menikmati layanan listrik yang andal.

“Pemeliharaan rutin ini juga merupakan bagian dari strategi jangka panjang PLN untuk meningkatkan kualitas dan keandalan infrastruktur kelistrikan,” papar Ardylla.

Pihaknya berharap, dengan upaya ini, masyarakat dapat merayakan HUT RI dengan tenang dan nyaman, tanpa khawatir akan gangguan listrik. Ia katakan PLN akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik dan memastikan listrik tetap menyala untuk mendukung aktivitas sehari-hari masyarakat.

“Dengan pemeliharaan rutin ini, kami memastikan bahwa seluruh sistem kelistrikan siap menghadapi peningkatan beban selama perayaan HUT RI, sehingga masyarakat dapat merayakan momen bersejarah ini dengan penuh sukacita,” tutup Ardylla.

Narahubung:
Lulik Purwiranto
Manager Komunikasi & TJSL
PT PLN (Persero) UIT JBB
021-7543566

* Yasinta yustinah