Ambon metro reportase,com-Pagi ini, dalam menghadapi cuaca ekstrem yang melanda kota  Ambon dengan hujan deras beberapa hari terakhir, Pj. Walikota  Ambon Dominggus Nicodemus Kaya, memberikan arahan kepada Sekretaris  Kota Ambon Agus Ririmasse, untuk turun langsung meninjau lokasi dan mengambil langkah-langkah penanganannya.

Dalam peninjauan tersebut, beberapa titik terdampak diantaranya adalah di Pasar Transit Passo, dimana rumah warga terancam longsor akibat hujan deras yang telah menyebabkan jalannya putus dan rumah-rumah tergantung.

“Tadi saya turun di Pasar transit Passo ada ditemui rumah warga yang tergantung diakibatkan longsor karena jalannya sudah putus,” ungkap Sekretaris  Kota Ambon Agus Ririmasse saat di temui oleh sejumlah awak media di Ballroom MCM, pada Jum’at (5/7/24).

Langkah cepat diambil dengan melibatkan tim dari BPBD Kota  Ambon dan PUPR Kota  Ambon untuk merencanakan pemasangan bronjong dan talit guna mencegah adanya korban jiwa.

Tim dari PUPR telah berada di lapangan, sementara peninjauan juga dilakukan Agus Ririmasse di daerah Waiheru yang tergenang banjir akibat meluapnya Kali Waiheru.

“Masyarakat diimbau untuk waspada, terutama yang tinggal di bantaran sungai dan lereng gunung,” tandas Ririmasse.

Ririmasse juga menegaskan keseriusan Pj. Walikota Ambon, Pak Boy Kaya, dalam menangani situasi ini dan ia menegaskan bahwa akan segera menggelar rapat dengan instansi terkait seperti PUPR  Kota Ambon, Dinas Sosial  Kota Ambon, dan Badan Penanggulangan Bencana Alam Kota Ambon untuk penanganan darurat.

Semua langkah ini diambil sebagai upaya preventif untuk mengurangi dampak buruk cuaca ekstrem dan mencegah terjadinya bencana di kota  Ambon. Doa pun dipanjatkan agar Tuhan melindungi kota ini dari segala bencana yang mungkin terjadi.

Ongenleano