Disesi yang sama Tokoh muda Kota Depok yang juga merupakan CEO Persikad 99 Handiyana, mengapresiasi kegiatan diskusi tersebut. Ia menginginkan agar diskusi yang di gelar, bisa membawa manfaat bagi masyarakat Semua khususnya nya Depok.

Apresiasi juga diberikan oleh Ketua Umum SWI yang diwakili oleh Humas DPP SWI Hendra Gunawan, lantaran diskusi tersebut, ia yakini bisa memberikan wawasan yang lebih luas kepada teman-teman pers di Kota Depok.

“SWI sangat mengapresiasi kegiatan diskusi yang DPD SWI gagas dan laksanakan hari ini. Semoga bertambah wawasan dan dapat mengaplikasikannya saat menjalankan tugas-tugas jurnalistik,” urainya.

Sedangkan Sekjen SWI Herry Budiman memaparkan, kebebasan pers sebagai landasan demokrasi, memberikan ruang hak kebebasan bersuara yang merupakan hak asasi manusia.

“Sesuai dengan tema Hari Kebesan Pers se-dunia  2023 “Shaping a Future of Right: Freedom of expression as a driver for all other human rights” atau “Membentuk Masa Depan Hak,” ungkapnya. 8/6/23

Kebebasan berekspresi, utaranya, sebagai pendorong untuk semua hak asasi manusia lainnya, pers memiliki peranan yang penting dalam menjamin perwujudan HAM.

Herry menyebut, berbicara kebebasan pers juga tidak lepas dari indek kemerdekaan pers (IKP).

Walikota Depok yang diwakili Kadiskominfo Kota Depok Drs. Manto, M.Si mengatakan, kemerdekaan pers di Indonesia, saat ini masih berada dalam rentang nilai bebas.

Itu terlihat dalam Indeks Kemerdekaan Pers (IKP) 2022, di mana skor pada tingkat Nasional mencapai 77,8 atau naik tipis 1,86 poin dibandingkan tahun sebelumnya.

“Kemerdekaan Pers Indonesia cukup bebas, tahun 2022 lalu IKP naik menjadi 77,8 persen. Hasil peningkatan ini menunjukkan kehidupan pers Indonesia cukup bebas,” paparnya.

Kemerdekaan pers dalam kehidupan berbangsa dan negara, urainya, sesuai dengan hati nurani dan untuk tegakkan kebenaran dan keadilan serta mensejahterakan keadilan umum.

SWI Kota Depok