Jakarta,- metro reportaese,com Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menerima Penghargaan sebagai Pembina Program Kampung Iklim (ProKlim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK)

Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri LHK, Siti Nurbaya, kepada Pj.Wali Kota Ambon, Dominggus N.Kaya dalam Puncak Festival Lingkungan, Iklim, Kehutanan, Energi Baru Terbarukan (LIKE 2) yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Jumat (9/8/24).

Kaya yang ditemui usai menerima penghargaan dimaksud menyatakan rasa syukur, sebab penghargaan itu menandai keberhasilan Pemkot dalam menetapkan kebijakan dan membina ProKlim di wilayahnya.

“Kita bersyukur dan berharap program ini terus berkelanjutan untuk mewariskan lingkungan hidup yang baik kepada generasi mendatang,” ujarnya.

Pj.Wali Kota akui, Pemkot Ambon sebagai penerima penghargaan Pembina ProKlim satu-satunya di wilayah Regional Maluku – Papua, juga patut berbangga karena Kampung Kusu-Kusu Sereh Negeri Nusaniwe Kecamatan Sirimau juga menerima penghargaan Trophy ProKlim kategori Utama.

“Penghargaan ini diberikan karena kampung tersebut memang sudah tertata secara struktur dalam melakukan adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim,” terang Kaya.

Dirinya berharap di tahun depan makin banyak Desa/Negeri/Kelurahan, juga Dusun/Kampung dan komunitas yang dibina untuk mendapatkan penghargaan yang sama bahkan kategori yang tinggi yakni ProKlim Lestari.

Untuk diketahui,pada 2020-2023 total ada 46 lokasi di Kota Ambon yang menerima Penghargaan ProKlim diantaranya 6 (enam) Trophy ProKlim Utama, 31 Sertifikat Proklim Utama, dan 9 (Sembilan) sertifikat ProKlim Madya.

Sementara untuk tahun 2024, 1 Trophy ProKlim Utama,10 Sertifikat ProKlim Utama dan 3 (tiga) Sertifikat ProKlim Madya.

Sebelumnya Menteri LHK, Siti Nurbaya dalam pidatonya menyatakan ProKlim telah dimulai sejak 2011 lalu dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap dampak perubahan iklim dan emisi gas rumah kaca.

Hingga saat ini, telah tercapai 10.113 Lokasi ProKlim, dari target 20.000 Lokasi di seluruh Indonesia.

Dengan semakin banyaknya komunitas yang bergabung dalam ProKlim baik dari unsur Masyarakat maupun Swasta, Menteri Siti Nurbaya optimis target tersebut dapat tercapai di tahun ini.
(MCAMBON)

ongenleano